Kamis, 16 April 2009

Papua Rusuh, Tanda OPM Masih Hidup

JAKARTA - Serangkaian peristiwa yang mengundang kerusuhan di Papua sejak sepekan lalu masih menyisakan pertanyaan. Siapa sebenarnya yang ada di balik berbagai peristiwa itu?

Pengamat intelijen Wawan Purwanto menilai, kerusuhan yang muncul di Papua diyakini didalangi oleh kelompok separatis Organisasi Papua Merdeka.

Meski telah ditumpas pada era pemerintahan Presiden Soeharto, organisasi yang didirikan tahun 1965 ini diperkirakan masih terus bergejolak.

"O iya, tidak jauh dari itu (OPM) karena mereka kan bersenjata. Negara berdaulat tidak akan membiarkan rakyat sipilnya memegang senjata. Itu pelanggaran berat," katanya saat berbincang dengan okezone, Kamis (16/4/2009).

Untuk menghindari kejadian-kejadian serupa, Wawan menyerukan agar aparat keamanan dalam hal ini kepolisian, harus mengambil sikap tegas untuk membersihkan sisa-sisa pemberontakan kelompok yang terus mencoba meraih simpati dunia internasioanl terhadap perjuangan mereka.

"Masih ada sisa persenjataan di tangan mereka. Perlu ada operasi khusus untuk membersihkan itu," imbuhnya.

Seperti diketahui, tanah Papua digucang berbagai peristiwa sejak sepekan terakhir. Ancaman bom, pertikaian antar kelompok, hingga penyerangan terhadap pasukan Brimob membuat situasi provinsi yang dahulu bernama Irian Jaya itu semakin mencekam. Hingga kini kepolisian masih berupaya mengejar para pelaku kerusuhan tersebut.
okezone.com




0 komentar:

Posting Komentar

PRASBHARA-MADIUN PRODUCTION @ 2008 Design By : Maz_Didik E-mail : maz_d_pith@yahoo.co.id